Tri Handayani

MELANGKAH DEMI SUATU KEPASTIAN


Perbedaan antara email, newsgroup dan mailing list


Pada zaman era globalisasi ini,perkembangan teknologi sangatlah pesat.khususnya untuk aktifitas manusia dalam berbagi informasi.pada saat ini manusia diperkenalkan dengan adanya sms melalui telepon genggam untuk berbagi informasi.Lain dengan zaman dulu,yang masih menggunakan media surat untuk berbagi informasi.Untuk perkembangan teknologi saat ini manusia dimanjakan dengan adanya fasilitas internet untuk berbagi informasi dengan kawan sejawat.Fasilitas internet untuk berbagi informasi diantaranya adanya email,newsgroup,dan mailing list.didalam ketiga fasilitas ini tidak hanya kita berbagi informasi  dalam bentuk teks saja tatapi pada ketiga fasilitas ini dapat berupa gambar,foto-foto,video,dan dalam bentuk lainya.Berikut ini akan dijelaskan perbedaan dari fasilitas internet yaitu email,newsgroup,dan mallinglist. 

Email

Email merupakan sebuah fitur yang kemungkinan besar pasti digunakan oleh semua orang. Email adalah surat elektronik, yang memungkinkan semua orang saling berkirim pesan via jaringan internet guna berbagi informasi dengan teman sejawat.Keunggulan email adalah mudah dan bisa diakses di manapun juga. Email merupakan surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet.Pada penggunaan media email memiliki  kelebihan diantaranya
* Nyaman
Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data).
*Cepat
Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun.
*Murah
Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri.
*Hemat sumber daya
Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.

Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)

Protokol layanan SMTP berguna sebagai metode terstandardisasi untuk mengirimkan surat elektronik atau email. SMTP didesain untuk memungkinkan transfer email secara handal dan efisien.
SMTP sifatnya terbuka, jadi tidak tergantung kepada jenis komputer dan sistem operasi yang digunakan. Cara kerja SMTP adalah dengan membuat jalur antara pengirim dan penerima. Setelah jalur transmisi dibuat, barulah pengirim email akan memicu perintah MAIL yang akan mengirimkan email dengan cara mengidentifikasi pengirim dan kondisi apakah ada lalu lintas untuk dikirim.
Jika ternyata penerima dapat menerima kiriman email, maka pengirim akan memicu perintah RCPT yang fungsinya untuk mengenali penerima email. Jika penerima email dapat menerima email tersebut, maka penerima akan mengeksekusi perintah OK, dan jika tidak bisa maka akan menolaknya.
Jika penerima SMTP sudah sukses dalam memproses data email, SMTP akan menerima balasan OK. Email yang tidak bisa dikirim karena alamat tujuan yang salah akan dikirim balik dengan visualnya, seperti membuat tebal, atau membuat miring sebuah teks, mengganti wama, ukuran huruf, latar belakang, atau membubuhkan hiasan-hiasan tertentu.
• HTML, untuk pesan yang lebih menarik dan variatif, mulai dari pengaturan huruf, wama, lay out, sampai dengan memasuk-kan gambar menggunakan kode-kode HTML pada pesan tersebut.
E-mail dengan format plaintext memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan dengan e-mail yang menggunakan format HTML. Pada kebanyakan komunikasi e-mail di intemet, format HTML hanya digunakan untuk komunikasi satu arah saja (person to person), sangat tidak dianjurkan menggunakan format HTML untuk mengirim pesan ke Mailing List, karena terdapat beberapa e-mail client tidak dapat membaca kode-kode HTML dengan baik, sehingga tampilan e-mail Anda menjadi tidak baik.

Jenis-Jenis Email

Menurut penggunaannya, e-mail secara prinsip terbagi atas tiga jenis, yaitu:
• Web Based E-mail, adalah e-mail yang berbasiskan pada web, setiap aktifitas e-mail dilakukan melalui website penyedia email tersebut. Biasanya disediakan secara gratis oleh perusahaan tertentu, seperti Yahoo, Google, Microsoft dan lain- lain. Tujuanya tidak lain adalah untuk menarik simpati netter agar menggunakan e-mail mereka dan secara tak langsung mempromosikan usaha mereka. Di sisi lain, kita sebagai pengguna juga terbantu dengan fasilitas dan layanan yang diberikannya.


 • Forward E-mail, adalah e-mail yang bersifat sebagai perantara saja. Misalnya, penulis mempunyai tiga buah e-mail, yaitu satu@ephi.web.id, dua@ephi.web.id dan tiga@ephi.web.id. Email satu@ephi.web.id, dan dua@ephi.web.id penulis set konfigurasinya sebagai e-mail forward dengan tujuan forwardnya adalah e-mail tiga@ephi.web.id. Maka setiap ada e-mail yang masuk ke e-mail satu@ephi.web.id, dan dua@ephi.web.id otomatis akan diteruskan ke e-mail tiga@ephi.web.id. Artinya, untuk melihat e-mail, penulis cukup membuka e-mail tiga@ephi.web.id.
E-mail jenis ini sangat bermanfaat jika Anda mempunyai banyak e-mail, dan semua e-mail Anda tersebut di set forward ke satu alamat e-mail saja, disisi lain juga berguna untuk menyembunyikan identitas asli Anda dengan memberikan alamat e-mail palsu. Tidak semua e-mail mempunyai layanan ini.
• POP E-mail, adalah jenis e-mail yang dapat Anda download ke komputer Anda sendiri menggunakan software e-mail client, seperti MS. OutLook, Eudora, Mozilla Thunderbird, dan lain- lain. Untuk mengakses e-mail ini, Anda tidak perlu masuk ke website penyedianya, namun cukup mengaktifkan e-mail client Anda, kemudian dari software e-mail client tersebut lakukan perintah download e-mail. Jika koneksi internet Anda bagus, proses men-download e-mail yang berada di mailbox server email Anda akan berpindah ke komputer Anda hanya membutuhkan beberapa menit saja. Jika semua e-mail sudah ter- download, Anda dapat mematikan koneksi intemet dan membaca e-mail yang masuk secara off line.

Beberapa istilah yang berhubungan dengan e-mail:
• Hoax mail, adalah e-mail bohong yang informasinya berasal dari sumber yang tidak jelas.
• Junk mail, adalah e-mail yang tidak terlalu berarti bagi penerimanya, misalnya promosi produk, ajakan untuk mengikuti multi level marketing, dan lain-lain.
• Spamming, adalah mengirim e-mail yang mungkin tidak diinginkan oleh penerima e-mail, misalnya berita warning virus, surat berantai, MLM, junk mail, bomb mail dan hoax mail.
• Flamming, adalah mengirim e-mail yang isinya bisa membuat yang menerima e-mail tersinggung (provokator). Biasanya menggunakan kata-kata kasar, h• jatan, menghina suku, ras, gender dan agama.
• Bomb Mail, adalah tindakan mengirim e-mail yang sama ke tujuan tertentu secara berulang-ulang dengan tujuan yang tidak baik.
• Mailing list, adalah media diskusi untuk topik tertentu dengan menggunakan e-mail.
• Mail Box, adalah suatu lokasi pada media penyimpanan untuk tempat penyimpanan data e-mail.

Usenet Newsgroups

Usenet adalah sekumpulan newsgroup yang berisi pesan-pesan yang sangat terfokus dan terorganisasi berdasarkan topik yang bervariasi. Melalui usenet orang dapat bertukar pikiran segala jenis topik secara global melalui media virtual di forum publik. Group usenet disusun secara hirarkis, dalam arti setiap grup disusun berdasarkan struktur logis yang memungkinkan orang untuk memilih grup mana yang cukup relevan dengan kemampuannya.

Mailing list

Mailing list biasa disingkat milis merupakan salah satu fasilitas untuk berdiskusi di internet terhadap suatu topik tertentu yang diikuti oleh orang-orang yang berminat terhadap topik yang ditentukan. Proses diskusi dilakukan melalui perantaraan email dan dilayani oleh sebuah mailing list server.
Agar proses diskusi dapat berjalan dengan baik, sebuah mailing list mempunyai 1 (satu) orang atau lebih yang berfungsi sebagai moderator mailing list. Seorang moderator bertanggung jawab terhadap keberlangsungan proses diskusi dalam mailing list dan berhak mendaftarkan anggota baru, mengeluarkan anggota mailing list yang melanggar peraturan dan menentukan peraturan-peraturan yang belaku di mailing list.
Sebuah mailing list dapat bersifat terbuka untuk umum (public) atau bersifat khusus (private) tergantung tujuan mailing list tersebut dibuat. Sebuah mailing list dikatakan terbuka untuk umum jika tidak ada batasan untuk bergabung dengan mailing list tersebut. Namun jika mailing list tersebut hanya diperuntukkan untuk orang-orang tertentu saja, mailing list tersebut dikatakan private.
Dua jenis mailing list, yaitu:

• Announcement-type lists, komunikasi satu arah, yaitu anggota mailing list hanya berhak untuk menerima pesan (email) saja dari moderatornya dan anggota tidak dapat mengirim atau membalas pesan dari mailing list tersebut. Biasanya mailing list seperti ini digunakan untuk memberikan pesan-pesan yang sifatnya tidak perlu dibalas.

• Discussion-type lists, komunikasi dua arah, setiap anggota berhak mengirimkan pesan ke server mailing list dan membalas email atau sekedar membaca email yang masuk, sehingga lebih interaktif. Mailing list jenis ini yang banyak di internet.
Saat ini tersedia dua perusahaan besar di internet yang menye-diakan layanan mailing list secara gratis, yaitu Yahoo.com dan Google.com. Oleh karena itu pada bagian berikut ini akan dibahas cara membuat dan mengelola mailing list pada kedua perusahaan tersebut.



0 komentar: